Jumat, 05 September 2008

PENGHARAPAN, IMAN & KASIH

(1 Petrus 1:3 - 6)

Tidaklah cukup hanya menjadi seorang Kristen. Semua orang Kristen, tidak terkecuali, membutuhkan peneguhan terhadap komitmen mereka untuk menjadi Kristen (baca: pengikut Kristus). Rasul Petrus menguraikan tiga pokok penting iman Krsiten yang menjadi dasar kepercayaan kepada Kristus, yaitu:

1. Pengharapan

Di dalam Kristus ada pengharapan yang pasti dan aman (Ibr. 6:19). Tidak ada harapan yang tidak mengecewakan kecuali, berharap kepada Kristus, sebab di dalam Dia kasih Allah telah dicurahkan kepada kita (Rm. 5:5-6). Hanya di dalam Yesus ada hidup yang penuh pengharapan untuk menerima bagian yang tidak dapat cemar dan tidak dapat layu yaitu keselamatan (I Ptr. 1:5). Ingat, Alkitab menentang harapan kepada manusia (Yes. 2:22; bnd. Yer. 17:7, 8).

2. Iman

Iman adalah dasar hidup kekristenan (Ibr. 11:1). Tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah (Ibr. 11:6). Alkitab mencatat, Yesus terkesan dengan iman seorang perwira Romawi sehingga Ia jujur berkata bahwa tidak ada iman seperti itu pada orang Yahudi (Mat. 8:5-13). Iman perwira itu adalah iman yang penuh belas kasihan kepada orang lain (ay. 10). Iman sejati berpusat kepada pikiran dan perasaan Kristus, dan tidak egois.

3. Kasih

Orang percaya tidak dipanggil untuk hidup bagi dirinya sendiri, melainkan untuk berbagi hidup dengan orang lain (I Ptr. 1:12). Kasih harus menjadi gaya hidup bukan sekedar slogan yang terus-menerus disiarkan tanpa motifasi untuk melakukannya. Identitas kasih telah dijelaskan oleh paulus dalam I Kor. 13:4-13.

Pengharapan, iman, dan kasih bukan pilihan. Kita tidak dapat memilih yang satu lalu mengabaikan yang lain. Karena itu, pastikan ketiga pokok penting ini telah menjadi bagian hidup kita! (defry)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda