Jumat, 05 September 2008

MAKIN DITINDAS MAKIN MERAMBAT

(Keluaran 1:1 - 22)

Bacaan kita hari ini adalah kisah mengenai bangsa Israel, umat pilihan Allah, yaitu suatu bangsa yang lahir dari keturunan Abraham sebagai penggenapan janji Allah kepadanya. Ada banyak hal yang dialami bangsa itu selama berada di Mesir, diantaranya bekerja sebagai budak. Inilah masalah utama bangsa Israel yang mana sebagai budak hak untuk hidup pun diselewengkan. Sungguh, Israel berada dalam tekanan yang memojokkan, tetapi fakta alkitabiah melaporkan bahwa bangsa itu tetap eksis bahkan dianggap sebagai ancaman bagi orang Mesir, semakin ditekan semakin merambat. Mengapa demikian? Berikut rahasianya:

1. Tuhan telah memilih Israel

Bila Tuhan yang memilih, tidak ada yang dapat membatalkannya (KPR. 5:38-39; Why. 3:7). Israel adalah umat pilihan Tuhan, karena itu upaya apapun untuk membinasakan mereka tidak dapat membatalkan pilihan itu.

2. Tuhan selalu menyertai bangsa Israel

Pemazmur berkata, “Kemalangan orang benar banyak, tetapi Tuhan melepaskan dia dari semuanya itu” (Mzm. 34:20). Israel mengalami banyak tekanan, tetapi oleh karena penyertaaan Tuhan mereka dapat mengatasi segala tekanan itu.

3. Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu

Intimidasi yang dialami Israel adalah sarana untuk membangkitkan ketergantungan kepada Allah yaitu adanya pemahaman bahwa segala sesuatu ada hikmahnya (Rm. 8:28).
Jika kita yakin bahwa kita adalah umat pilihan Allah dan bahwa penyertaan Allah tidak pernah beralih dari kita, maka kita juga harus paham bahwa dalam segala perkara Tuhan punya rencana yang besar.

Ingat, Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia (Rom. 8:28). Renungkanlah, Amin ! (sy@rah)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda